[e-book] Simplicity, Minimalism, The Essentials

Close both eyes to see with the other eye. #Rumi

Ini foto favorit saya di 2010. Pertama lihat di zenhabits.net, blog keren dari penulis favorit, Leo Babauta. Sudah pada kenal? Fotonya sendiri milik mudeth. Lokasi foto di Coorg, wilayah India Utara. Di puncak Thadiyandamol. Not a very well known place, but that’s probably why it remains beautiful, katanya. Searching di google, ternyata jalur menuju puncak Thadiyandamol adalah jalur trekking keren di India. Cek di sini atau di sini. Apa kesan Anda tentang foto ini?

Zen Habits bicara tentang: achieving goals, productivity, being organized, getting things done, motivation, eliminating debt, saving, getting a flat stomach, eating healthy, simplifying, living frugally, parenting, happiness, and successfully implementing good habits. (Wikipedia)

Atau, penulisnya sendiri bilang: Zen Habits is about finding simplicity in the daily chaos of our lives. It’s about clearing the clutter so we can focus on what’s important, create something amazing, find happiness.

Zen Habits termasuk satu dari Top 25 blogs in the world, dengan 200,000 subscribers. Dua blog Leo Babauta lainnya yang saya ikuti: Write to Done, untuk penulis dan blogger; dan, mnmlist.com, bicara tentang pola dan gaya hidup minimalis.

Mengapa suka konsep zen habits dan minimalis-nya Leo Babauta? Ya, karena saya suka tiga kata ini: simplicity, minimalism and the essentials. Ingin menjadikannya sebagai.. ‘jalan hidup’. :) Saya pikir konsep ini selaras dengan tuntunan agama (saya khususnya), dan selaras dengan kehendak alam. Jadi, baik juga untuk bumi kita. Hitung-hitung, bisa jadi kampanye penyelamatan bumi kecil-kecilan. Bermula dari diri sendiri. Tidak percaya? Baca dan pelajari konsepnya, dech. Bisa baca-baca blognya, atau buku-bukunya yang akan saya daftar di bawah.

Beberapa buku yang sudah saya baca, dimulai dari yang gratisan. Hehe.

  • Thriving on Less – Simplifying in a Tough Economy. Yang ini gratis, bisa di unduh di sini. Kapan-kapan saya buatkan ulasan hasil baca saya.
  • Focus: A simplicity manifesto in the Age of Distractions. Ada dua versi, versi gratis dan premium. Saya baca yang gratisan. Unduh yang gratisan atau beli yang premium, di sini. Oh ya, ini yang terbaru.
  • Zen to Done – Simple Productive. Yang ini tidak gratis, detail buku atau jika ingin beli, di sini. Ulasannya? Ya, kapan-kapan.. :)

Yang belum saya baca, tentunya yang tidak ada versi gratisnya. Hehe. Pesan saya, kalau berminat dengan buku-buku di bawah, untuk pembelian, tolong klik dari sini, karena saya akan mendapat keuntungan (sst.. saya jadi affiliate member untuk penjualan buku-buku ini di blog-nya Leo Babauta). Klik di judulnya ya, jangan dari link lain.. :)

Akun twitter Leo Babauta di @zen_habits. Untuk pemula yang ingin menerapkan zen habits, bisa mulai dari sini: The Beginner’s Guide to Zen Habits: A Guided Tour.

Semoga bermanfaat. Selamat mengunduh ebook gratisnya, dan memaknai konsep zen serta prinsip hidup minimalis. Jika dirasa bermanfaat dan membuat nyaman, selamat menerapkannya! :)

2 thoughts on “[e-book] Simplicity, Minimalism, The Essentials

Leave a Reply

