Sang Alkemis: Legenda Pribadi dan Realisasi Mimpi

Sang Alkemis (The Alchemist). Novel spiritual tentang realisasi sebuah impian. Cover di samping adalah edisi terjemahan, Penerbit Alvabet. It’s all about: Refleksi spiritual, cermin kehidupan, dan sastra. Beberapa kutipan favorit:

Dusta terbesar di dunia: bahwa pada saat tertentu dalam hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada diri kita, dan hidup kita lalu dikendalikan oleh nasib. Orang pada suatu saat dalam hidup mereka, mampu melakukan apa yang mereka impikan.

Karena kamu sedang berusaha mewujudkan legenda pribadimu. Dan kamu berada di titik ketika kamu hampir menyerah.

Kau sudah tahu tentang alkemi. Itu tentang penembusan jiwa buana, dan penemuan harta yang telah tersedia untukmu. (Pemahamanku: Tentang mengenal Tuhan, dan diri. Siapakah kita? Untuk apa kita hidup?)

Cara memahami dunia: dengarkan hatimu. Ia tahu segala hal, karena ia berasal dari jiwa buana, dan suatu hari ia akan kembali ke sana. Setiap detik dari pencarian adalah suatu perjumpaan dengan Tuhan.

Rahasia kebahagiaan adalah melihat semua keindahan dunia, dan tidak pernah melupakan tetesan minyak di sendok. Tuhan sudah menyediakan satu jalan bagi tiap orang untuk diikuti. Kamu hanya perlu membaca tanda-tanda yang ditinggalkannya untukmu. Bila dia bicara dengan bahasa jiwa, cuma kamu yang bisa mengerti.

Legenda pribadi adalah apa yang selalu ingin kita tunaikan. Setiap orang, saat mereka belia, tahu apa legenda pribadi mereka. Pada titik kehidupan mereka itulah semuanya jelas dan segalanya mungkin terjadi. Mereka tidak takut untuk bermimpi, dan mendambakan segala yang mereka inginkan terwujud dalam hidup mereka. Tapi, dengan berlalunya waktu, suatu daya misterius mulai meyakinkan mereka bahwa mustahil bagi mereka untuk mewujudkan legenda pribadi mereka.

Kebenaran terbesar di planet ini: siapapun kamu, apapun yang kamu lakukan, saat kamu benar-benar menginginkan sesuatu, itu karena hasrat tadi bersumber di dalam jiwa alam semesta. Itulah misimu di dunia. Dan saat kamu menginginkan sesuatu, segenap alam semesta bersatu untuk membantumu meraihnya.

Ada bahasa di dunia yang dimengerti setiap orang, bahasa yang digunakannya sepanjang waktu saat ia mencoba mengembangkan hal-hal baru. Itulah bahasa gairah, menyangkut hal-hal yang dicapai dengan rasa cinta dan niat, dan sebagai bagian dari ikhtiar mencari sesuatu yang DIYAKINI & DIINGINKAN.

Sebagaimana ia menaklukkan tempat ini, ia sanggup menaklukkan dunia.

“Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita?” tanya si anak, ketika mereka mendirikan tenda pada hari itu. Sang Alkemis menjawab: “Sebab, di mana hatimu berada, di situlah hartamu berada.”

Bagi Alkemis, hanya satu hal yang membuat mimpi tidak dapat diraih, yakni perasaan takut gagal.

Jangan pernah berhenti bermimpi, ikutilah pertanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s